Facebook Telah Diretas. 3 Hal Yang Harus Anda Lakukan.

Facebook mengatakan para insinyurnya menemukan kelemahan keamanan minggu ini yang memungkinkan penyerang membajak akun orang. Kerentanan, yang menurut perusahaan telah diperbaiki, memengaruhi hampir 50 juta akun.

Facebook mengatakan dalam sebuah posting web bahwa masalah keamanan itu terkait dengan fitur “Lihat Sebagai”, yang memungkinkan orang untuk melihat pratinjau seperti apa profil mereka bagi orang lain, seperti teman tertentu. Peretas mengeksploitasi kelemahan dalam alat untuk mendapatkan akses ke kunci digital yang memungkinkan orang mengakses Facebook dari perangkat pribadi tanpa harus memasukkan kembali kata sandi. Kunci tersebut kemudian dapat digunakan untuk mengambil alih akun orang, kata perusahaan.

Raksasa jejaring sosial itu mengatakan bahwa mereka telah mengatur ulang semua kunci akses untuk pengguna yang terkena dampak dan bahwa pengguna tersebut harus masuk kembali ke akun mereka. Dengan kata lain, tidak banyak yang harus Anda lakukan. Tetapi ada beberapa tindakan pencegahan yang harus Anda ambil untuk melindungi diri dari serangan itu.

Lakukan Audit Perangkat

Cara terbaik untuk menentukan apakah seseorang telah mendapatkan akses yang tidak patut ke akun Anda adalah dengan melakukan audit terhadap perangkat yang Anda gunakan untuk masuk ke Facebook. Pada halaman Keamanan dan Login Facebook, di bawah tab yang berlabel “Di mana Anda Masuk,” Anda dapat melihat daftar perangkat yang masuk ke akun Anda, serta lokasinya. Jika Anda melihat gadget yang tidak dikenal atau perangkat masuk di lokasi yang aneh, Anda dapat mengklik tombol “Hapus” untuk mem-boot perangkat dari akun Anda.

 

Ubah Kata Sandi Anda

Facebook mengatakan bahwa karena ia telah memperbaiki kerentanan, tidak perlu mengubah kata sandi akun Anda. Tetapi agar lebih aman, Anda mungkin harus tetap – terutama jika Anda menggunakan kata sandi yang lemah atau melihat perangkat yang mencurigakan masuk ke akun Anda.

Jika Anda memutuskan untuk mengubah kata sandi, pilih kata sandi yang rumit – dan jangan menggunakan kembali kata sandi yang Anda gunakan di situs lain. Coba buat kata sandi yang panjang dan rumit yang terdiri dari frasa yang tidak masuk akal atau ringkasan satu kalimat dari peristiwa aneh dan tambahkan angka dan karakter khusus, seperti: Nomor favorit saya adalah Green4782 #.

 

Agar kata sandi Anda teratur dan mudah diakses, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi manajemen kata sandi seperti 1Password atau LastPass. Alat-alat ini memungkinkan Anda menyimpan semua kata sandi dalam ruang digital yang dapat dibuka dengan satu kata sandi utama, dan mereka juga dapat secara otomatis menghasilkan kata sandi yang kompleks.

Nyalakan Otentikasi Dua Faktor

Seperti banyak situs, Facebook menawarkan fitur keamanan yang disebut otentikasi dua faktor. Ini melibatkan pengiriman pesan teks kode unik ke ponsel Anda yang harus Anda ketik setelah memasukkan kata sandi. Dengan cara ini, bahkan jika seseorang mendapatkan akses ke kata sandi Anda, akan sulit untuk masuk tanpa kode itu. Meskipun Facebook telah memperbaiki kerentanan keamanan minggu ini, setiap pengguna harus mengaktifkan fitur ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *