Wikipedia Bukan Jejaring Sosial Resmi

Dalam 18 tahun keberadaan Wikipedia, ini telah menjadi perlengkapan dalam hidup kita: Ini naik ke bagian atas hasil pencarian Google dan memberikan jawaban atas pertanyaan yang kami ajukan pada Alexa dan Siri.

 

Untuk komunitas pengeditan Wikipedia, situs webnya bahkan lebih. Ini adalah semacam jejaring sosial di mana pengguna memperdebatkan hal-hal kecil dalam sejarah dan kehidupan modern, mendaki hierarki editorial dan bahkan bertemu teman dan mitra romantis.

Ini juga merupakan tempat di mana editor dapat mengalami pelecehan tanpa henti. Pada tahun 2016, Pax Ahimsa Gethen, seorang Wikipedian pria trans, terus-menerus dipukul dengan serangan pribadi selama beberapa bulan. Mx. Gethen, 49, yang menggunakan kata ganti “mereka” dan “mereka,” kata pelaku pelecehan anonim itu memposting bahwa mereka “tidak tertahankan” dan “tidak dicintai,” bahwa mereka termasuk dalam kamp interniran dan bahwa mereka harus bunuh diri.

 

Mx. Gethen mengatakan bahwa pengguna juga secara terbuka memposting nama mereka, nama yang mereka gunakan sebelum transisi.

“Itu menghancurkan saya karena sifat pribadi itu,” Mx. Gethen berkata.

 

Tidak seperti jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, Wikipedia sangat bergantung pada sukarelawan yang tidak dibayar untuk menangani laporan pelecehan.

 

Menanggapi keluhan tentang pelecehan yang meluas, Wikimedia Foundation, organisasi nirlaba yang berbasis di San Francisco yang mengoperasikan Wikipedia dan mendukung komunitas sukarelawannya, telah menjanjikan strategi baru untuk mengurangi penyalahgunaan. Dalam beberapa bulan terakhir, yayasan telah meluncurkan alat pemblokiran yang lebih canggih yang diharapkan dapat mengontrol pelecehan yang mengganggu sebagian pengguna.

Sydney Poore, ahli strategi kesehatan masyarakat dengan yayasan tersebut, mengatakan bahwa ketika ensiklopedia gratis didirikan pada tahun 2001, ia awalnya menarik banyak editor yang adalah pria “yang berorientasi teknologi”. Itu mengarah pada budaya yang tidak selalu menerima pendapat dari luar, kata Ms. Poore, yang telah mengedit Wikipedia selama 13 tahun.

 

“Kami berusaha keras untuk membalikkan itu,” katanya, “tapi itu tidak terjadi dalam semalam.”

 

‘Hambatan’ terhadap kesetaraan gender

Beberapa klik yang diinformasikan pada artikel Wikipedia apa pun dapat mengungkapkan diskusi panjang yang membentuk narasi yang diterbitkan. Menurut wawancara dengan para Wikipediawan di seluruh dunia, kamar-kamar digital itu adalah tempat pelecehan sering dimulai. Debat yang bersemangat tentang detail dalam sebuah artikel dapat berubah menjadi satu pengguna memuntahkan serangan pribadi terhadap yang lain.

 

“Jika Anda keluar sebagai feminis atau L.G.B.T., Anda akan cenderung lebih bertarget,” kata Natacha Rault, editor Wikipedia yang tinggal di Jenewa dan mendirikan sebuah proyek yang bertujuan untuk mengurangi kesenjangan gender di situs web.

Di Wikipedia bahasa Prancis, tempat Ms. Rault melakukan banyak pengeditannya, diskusi tentang gender sering kali bisa mengarah pada vitriol. Ms Rault mengatakan ada enam bulan perdebatan sengit tentang apakah akan melabeli artikel tentang pemimpin Inggris, Theresa May, dengan versi feminin dari “perdana menteri” (perdana menteri), bukan yang maskulin (perdana menteri).

 

Kontroversi lain telah mendidih atas artikel “femme,” kata Perancis untuk wanita, kata Ms Rault. Yang menjadi masalah adalah apakah paragraf pertama harus merujuk pada jenis kelamin di samping jenis kelamin biologis, dan apakah perempuan transgender harus dimasukkan dalam definisi perempuan. Perdebatan ini berubah menjadi “perang edit,” bolak-balik yang memanas di mana Wikipedian terus mengedit artikel untuk menimpa perubahan pihak lain dan mencerminkan bahasa yang mereka inginkan.

 

“Kadang-kadang bisa sangat agresif sehingga Anda menyerah dan lari dari artikel itu,” katanya.

 

The Wikimedia Foundation mengatakan sangat prihatin dengan gagasan bahwa perempuan cisgender dan editor transgender dapat diusir dari Wikipedia dengan penyalahgunaan online.

 

Di situs webnya, yayasan mencantumkan pelecehan yang meluas sebagai penghalang terhadap kesetaraan gender. Kadang-kadang, pelecehan itu secara eksplisit bersifat seksual: Menurut wawancara anonim yang dijelaskan oleh yayasan, pengguna telah memasang pornografi di halaman pengguna Wikipedia pribadi mereka dan mengirim email kepada mereka. Camelia Boban, seorang editor Wikipedia bahasa Italia, mengatakan seorang pengguna lain pernah menggunakan bahasa di depan umum untuk menyatakan bahwa dia adalah seorang pelacur.

 

Studi tentang basis kontributor Wikipedia dari beberapa tahun lalu memperkirakan bahwa kurang dari 20 persen editor adalah wanita. Penelitian ini mendukung kesadaran yang ada di komunitas Wikipedia bahwa editor perempuan benar-benar kurang terwakili, menggembleng aktivis yang berangkat untuk merekrut lebih banyak perempuan untuk menulis dan mengedit artikel.

Kelompok-kelompok seperti Seni + Feminisme didirikan untuk meningkatkan representasi perempuan dan individu non-biner di Wikipedia. Panitia menyelenggarakan sesi di mana editor yang berpengalaman mengajar yang berkeinginan cara Wikipedia, menjelaskan bagaimana menavigasi situs web di mana editor kadang-kadang tampaknya berkomunikasi dalam kode.

Wikipedians juga mulai membahas “kesenjangan gender konten,” yang mencakup ketidakseimbangan dalam distribusi gender biografi di situs. Analisis terbaru, dirilis bulan ini, mengatakan sekitar 18 persen dari 1,6 juta biografi di Wikipedia berbahasa Inggris adalah wanita. Itu naik dari sekitar 15 persen pada tahun 2014, sebagian karena aktivis mencoba untuk memindahkan jarum.

 

Bahaya untuk L.G.B.T. editor

Claudia Lo, seorang peneliti yayasan di tim yang sedang membangun alat anti-pelecehan, mengatakan ada pola pelecehan di Wikipedia yang berasal dari perdebatan tentang L.G.B.T. masalah. Ketika seorang selebritas muncul sebagai transgender – terutama, Chelsea Manning pada 2013 dan Caitlyn Jenner pada 2015 – Wikipedian telah secara luas memperdebatkan apakah kata ganti yang dideklarasikan oleh individu harus digunakan.

 

Artikel tentang transgender atau individu non-biner sering tunduk pada pengacau yang mengembalikan kata ganti mereka kembali ke jenis kelamin yang ditugaskan saat lahir. Tetapi pedoman Wikipedia memperjelas bahwa editor harus menggunakan gender yang subjeknya paling akhir dinyatakan dalam sumber yang dapat diandalkan.

 

Di negara-negara yang lebih berbahaya bagi L.G.B.T. individu yang terbuka tentang identitas mereka, pelecehan di Wikipedia bisa sangat mematikan. Suatu kali, seorang administrator pada halaman Wikipedia memblokir editor hanya karena nama pengguna orang itu menyarankan bahwa editor tersebut mungkin gay, kata Rachel Wexelbaum, seorang Wikipedian yang bekerja untuk meningkatkan L.G.B.T. konten di situs web. Akhirnya, katanya, Tim Trust and Safety Wikimedia terlibat, dan administrator diblokir untuk tindakan tersebut.

 

Di beberapa ruang, lingkungan untuk L.G.B.T. pengguna telah meningkat. Amir Sarabadani, seorang pengembang perangkat lunak Iran berusia 25 tahun dengan cabang Wikimedia Foundation di Jerman, mengatakan bahwa dalam 12 tahun pengeditannya Wikipedia bahasa Persia, para pengguna sering bermusuhan saat mengedit artikel yang berkaitan dengan homoseksualitas.

 

Sekitar enam tahun yang lalu, Mr. Sarabadani mulai berbicara secara terbuka tentang menjadi gay dalam percakapan dengan para Wikipediawan lainnya. Dia mengatakan editor lain sering menuduhnya memiliki “agenda homoseksual,” dan pengguna anonim diposting gambar cabul alat kelamin laki-laki di halaman pengguna.

 

Tapi Tuan Sarabadani, yang meninggalkan Teheran ke Berlin dua tahun lalu, mengatakan dia pikir pekerjaannya sebagai administrator Wikipedia bahasa Persia membuat komunitas editor di sana kurang toleran terhadap pelecehan.

“Mudah untuk mengatakan sesuatu dan lolos begitu saja,” katanya. “Sekarang jika seseorang mengatakan sesuatu yang homofobik, mereka akan diblokir selama beberapa bulan.”

 

Mengidentifikasi dan menghukum pelaku pelecehan

Di Wikipedia bahasa Inggris, salah satu dari sekitar 300 bahasa dengan situsnya sendiri, pengguna diminta untuk melaporkan konflik satu sama lain di papan pengumuman online, di mana mereka diharapkan memposting tautan ke penyalahgunaan sehingga administrator dapat memutuskan apakah akan mengambil tindakan.

 

Metode itu secara problematis memaksa pengaduan ke ruang publik, kata Lo, peneliti yayasan.

 

“Jika Anda dilecehkan,” kata Lo, “hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah memberi tahu pelecehan Anda bahwa Anda akan memberi tahu mereka.”

 

Dalam beberapa kasus, situasi ditangani oleh anggota staf Yayasan Wikimedia atau melalui email pribadi dengan administrator sukarela, katanya.

 

Jika administrator sukarelawan mendapati bahwa dugaan penyalahgunaan itu kredibel, pengguna dapat dilarang mengedit di mana pun di situs. Administrator untuk beberapa Wikipedias, seperti situs berbahasa Inggris, juga dapat mendeklarasikan “pelarangan topik,” alat yang diberlakukan secara sosial di mana editor lain bertanggung jawab untuk memastikan pengguna yang bersalah tidak terlibat dalam mengedit artikel yang menyebutkan subjek yang dilarang. Melanggar pelarangan topik dapat menyebabkan pelarangan di seluruh dunia.

 

Alat baru, yang oleh yayasan disebut “blok parsial,” memungkinkan administrator untuk membatasi pengguna dari mengedit halaman tertentu di mana mereka terbukti menjadi masalah. Mereka yang mengembangkan alat ini berharap alat itu akan digunakan secara lebih bebas untuk memblokir editor dari topik tertentu tanpa sepenuhnya melarang pengguna yang produktif di area lain dari situs.

“Idenya adalah untuk memberikan administrator sukarelawan dengan lebih bertarget, lebih bernuansa kemampuan untuk menanggapi konflik,” kata Lo.

 

Blok sebagian aktif di lima Wikipedias, termasuk yang dalam bahasa Italia dan Arab, dan anggota staf yayasan berharap untuk diperkenalkan ke Wikipedia bahasa Inggris tahun ini. Yayasan ini juga berada pada tahap awal sistem pelaporan pribadi di mana pengguna dapat melaporkan pelecehan, kata Lo.

 

Tetapi ada batasan seberapa efektif perubahan institusional dalam membatasi pelecehan di Wikipedia. Dalam kasus Mx. Gethen, pelaku pelecehan mereka terus memposting dari alamat IP yang berbeda, sehingga alat pemblokir sulit untuk menjadi efektif.

 

Meskipun pelaku tidak lagi menghantui keberadaan internet mereka, Mx. Gethen mengatakan budaya kadang-kadang bermusuhan di Wikipedia telah mengurangi pengeditan mereka di situs.

 

“Aku tidak dibayar untuk ini,” kata mereka. “Mengapa saya harus merelakan waktu saya untuk dilecehkan?”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *